browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Rapat Umum Anggota I Himatesil: Pelantikan Kepengurusan Himatesil 2014-2015

Posted by on February 22, 2015

IMG_9773

Pelantikan Pengurus Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor Periode 2014- 2015

Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan (HIMATESIL) pada periode kepengurusan 2014-2015 merupakan suatu badan organisasi yang berkedudukan di Departemen Teknik Sipil dan Lingkuan Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor dengan visi dan misi menyelenggarakan kepengurusan yang memenuhi fungsi meningkatkan kualitas sumber daya anggota dalam bidang prestasi akademik dan non-akademik, skill atau keahlian sesuai mandat departemen, serta mampu mengimplementasikan hasil studi pada program kerja dan pengabdian terhadap masyarakat serta lingkungan.

Pengurus HIMATESIL dipilih melalui rangkaian proses yang cukup panjang, dimulai dari pemilihan ketua HIMATESIL dan dilanjutkan oleh pemilihan pengurus HIMATESIL oleh ketua HIMATESIL terpilih dan tim formatur HIMATESIL. Pelantikan pengurus HIMATESIL periode kepengurusan 2014-2015 akhirnya diselenggarakan pada tanggal Sabtu 14 Februari 2015 di RK B1C1 Auditorium Toyib Hadiwijaya Institut Pertanian Bogor. Proses pelantikan ini dilakukan oleh Badan Pengawas HIMATESIL. Acara ini dihadiri oleh calon pengurus HIMATESIL periode kepengurusan 2014-2015 dan angota HIMATESIL. Rangkaian acara ini terdiri pembaca grand design ketua HIMATESIL terpilih, presentasi program kerja setiap departemen di HIMATESIL, dan pembacaan AD/ART. HIMATESIL sendiri terdiri dari berbagai Departemen.

1. HRD (Human Resources Development)
Divisi ini bertugas dalam meningkatkan sumberdaya mahasiswa SIL. Formalnya, divisi ini berperan dalam penguatan standar kompetensi mahasiswa SIL sebagai tahap persiapan dunia kerja dan daya saing dengan mahasiswa baik di tingkat fakultas, institut, dan tingkat nasional. Konkritnya kaya gimana? Di lapangan nanti, HRD mencetak karakter khas dari anak SIL baik dalam aspek motivasi, orientasi, gaya bicara, kemampuan kerjasama, manajemen waktu, dan softskill lainnya yang pasti dibutuhkan di dunia global melalui program kerja. Contoh prokernya kaya PONDASI. “Betapapun modern teknologi yang digunakan, atau seberapa banyak dana yang disiapkan, namun tanpa sumber daya manusia yang professional semuanya menjadi tidak bermakna” (Tjutju,2008)

2. PR (Public Relationship)
PR merupakan transformasi dari HimaRD. PR itu divisi yang menangani dan mengembangkan hubungan/relasi baik eksternal maupun internal Himatesil. Dalam konteks himpunan profesi yang profesional dan maju, relasi adalah hal yang penting karena menghimpun fungsi kerjasama dengan badan eksternal, eksistensi Himatesil, dan mempertaruhkan nama baik Himatesil. Namun dalam konteks internal, PR juga bertugas untuk menjaga hubungan antara mahasiswa SIL tiap angkatan. Contoh dalam pelaksanaannya nanti, PR bertugas mengikutsertakan perwakilan Himatesil dalam FKMTSI dan forum teknik sipil lainnya, mengadakan/menerima kerjasama dengan badan eksternal, menghubungkan komunikasi antara mahasiswa tiap angkatan (ruang lingkup internal) dan alumni, dll.

3. Research and Education Development (R.E.D)
RED ini bertugas untuk mengembangkan skill anggota dalam sub-bidang teknik sipil dan lingkungan melalui pelatihan dan forum group discussion, meningkatkan keikutsertaan anggota dalam ajang perlombaan, dan membantu anggota dalam bidang akademik. Contoh prokernya kaya SIL Club sama SGTP.

4. ASD (Art and Sport Departement)
ASD merupakan divisi yang bertugas untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa SIL serta prestasi Himatesil dalam bidang olahraga dan seni. Divisi ini nantinya akan mempersiapkan atlit-atlit dan artis-artis dari SIL yang akan mewakili di ajang Reds Cup dan FAC. Selain itu, ASD juga menyelenggarakan program kerja yang mewadahi minat olahraga dan seni anak SIL dalam ruang lingkup internal kaya SIL Cup.

5. Communication and Information Development (CID)
CID merupakan divisi yang bertugas mengembangkan dan mengelola sistem penyebaran informasi di Himatesil. Divisi ini bertujuan mengelola penyebaran informasi internal dan eksternal Himatesil, mengembangkan kemampuan mahasiswa SIL dalam bidang jurnalistik dan publikasi. Pengelolaan sistem informasi ini dilakukan melalui media informasi seperti website, mading, dan media sosial. Divisi ini akan menjaga Himatesil tetap update dan gak ketinggalan informasi terutama di dunia teknik sipil dan lingkungan umumnya dan di ruang lingkup Himatesil seperti publikasi program kerja serta konteks kemahasiswaan (akademik, beasiswa, dll).

6. CoDe (Community Development)
CoDe merupakan divisi yang bertugas untuk meningkatkan kontribusi mahasiswa SIL terhadap masyarakat melalui penerapan ilmu aplikatif dan program sosial. Divisi ini bertujuan mewujudkan salah satu tridharma mahasiswa yaitu pengabdian masyarakat. Melalui divisi ini mahasiswa SIL dapat berperan aktif dan menyumbangkan ide serta berpartisipasi dalam pengembangan masyarakat yang maju melalui program kerja yang kontinu dan intensif. Contoh program kerja dari divisi ini adalah bina desa.

7. BIS (Biro Internal dan Sekretariat)
BIS merupakan divisi yang berperan dalam manajemen sekretariat dan menjalankan fungsi advokasi dalam ruang lingkup Himatesil untuk kesejahteraan anggota Himatesil. Manajemen sekretariat meliputi perawatan sekret (contohnya pembagian jadwal piket sekret), mengelola pernyimpanan arsip dan kekayaan fisik Himatesil (inventarisasi), dan menangani dan menjembatani perihal internal anggota Himatesil seperti santunan sosial untuk anggota yang tertimpa musibah, permasalahan akademik, dll sehingga tercipta himpunan yang memiliki tenggang rasa antar anggota serta solidaritas yang tinggi.

8. EM (Event Management)
EM merupakan divisi yang bertugas menyelenggarakan program kerja Himatesil yang memiliki output tidak hanya bagi anggota Himatesil namun juga bagi pihak luar Himatesil. Program yang diadakan dari divisi ini diantaranya lomba dan seminar yang berskala nasional, sehingga didalamnya diperlukan orang-orang yang memiliki kompetensi dalam manajemen acara. Melalui program kerja terkait, divisi ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas, kapasitas, dan kapabilitas anggota Himatesil dalam penyelenggaraan suatu acara di bidang teknik sipil dan lingkungan. Contoh program kerja dari divisi ini adalah ICEF (Indonesian Civil Environmental Festival)

Comments are closed.