browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Gerakan Cinta Bumi (Gecimi) 2015 di Sekolah SMA/SMK Antam Bina Insani

Posted by on April 2, 2015

     Bogor, 28 Maret 2015 Departemen Community Development (CODE) menyelenggarakan salah satu program kerja dengan mengadakan acara gerakan cinta bumi (Gecimi) di Sekolah SMA/SMK Antam Bina Insani. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan tentang salah satu departemen yang ada di Institut Petanian Bogor yaitu, Teknik Sipil dan Lingkungan dan juga untuk mensosialisasikan pengaplikasian beberapa ilmu yang dipelajari saat kuliah.

     Kegiatan ini dibagi menjadi tiga tahapan yaitu, pembukaan, turun lapang, dan penutupan. Acara dimulai sekitar jam 8 pagi diawali dengan pembukaan oleh MC, dilanjutkan tilawah dan kata sambutan dari ketua acara, ketua Himatesil dan kepala sekolah. Setelah kata sambutan dilanjutkan dengan presentasi tentang materi yang akan dilaksanakan saat di lapangan yaitu, tentang pembuatan dan biopori. Kemudian dilanjutkan kegiatan dilapangan tetapi sebelumnya para peserta yang berjumlah 40 orang dibagi menjadi lima kelompok dan masing-masing kelompok didampingi oleh tiga orang panitia.

   gecimi 2

     Kegiatan dilapangan diawali dengan pembuatan puredate. Pada pembuatan puredate, setiap kelompok harus menyusun bahan-bahan pembuatan puredate sendiri karena pada saat presentasi tidak dijelaskan secara detail susunan bahan-bahan untuk pembuatan puredate. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui seberapa paham peserta tentang puredate dan juga tentang tujuan pembuatan puredate. Khusus untuk kelompok yang bisa membuat puredate yang menghasilkan air yang paling jernih akan diberikan doorprize yang telah disiapkan oleh panitia. Kegiatan dilanjutkan dengan pembuatan lubang biopori. Setiap kelompok membuat empat lubang biopori dengan dibantu oleh kakak pendampingnya masing-masing. Kelompok yang pertama selesai pembuatan lubang biopori akan diberi doorprize.

      Setelah kegiatan dilapangan selesai, dilanjutkan dengan penutupan. Penutupan diawali dengan pengujian puredate dan pebahasan lubang biopori serta pengumuman dan penyerahan doorprize kepada kelompok yan beruntung. Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan plakat kepada kepala sekolah oleh ketua Himatesil dan penutupan acara oleh MC. Tidak ketinggalan, seluruh panitia foto bersama dengan kepala sekolah dan seluruh peserta. Sekitar jam 12.00 seluruh rangkain acara telah selesai dan seluruh panitia mohon undur diri kepada pihak sekolah untuk kembali ke tempat masing-masing.

Comments are closed.