browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Pelatihan Software AutoCAD oleh HIMATESIL IPB

Posted by on April 4, 2015

pelatihan autoCAD 1

Jumat (13/03/2015) di Gedung Kuliah Pinus telah dilaksanakan pelatihan software AutoCAD yang dilaksanakan oleh Departemen Research and Education Development Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan IPB. Pelatihan ini merupakan rangkaian kegiatan Engineering Research Center yang akan dilaksanakan hingga bulan Oktober nanti. Pelatihan ini dihadiri oleh mahasiswa SIL angkatan 50 guna menambah kemampuan penguasaan sofware berbasis Computer Aided Design dalam penunjang keprofesian di bidang Teknik Sipil dan Lingkungan.

Pelatihan ini akan dilaksanakan sebanyak empat sesi dengan tugas di akhir sesi pelatihannya. Penugasan ini bertujuan agar peserta pelatihan dapat mendalami materi secara mandiri di luar sesi pelatihan. Penguasaan AutoCAD sangat dibutuhkan untuk bidang ilmu keteknikan seperti teknik sipil, teknik lingkungan, teknik mesin, dan arsitektural. AutoCAD merupakan awal dari semua aplikasi keteknikan, lalu dapat dikembangkan menjadi penyajian visual seperti pada software Google Sketch up.

“Penguasaan software ini sangatlah penting bagi mahasiswa SIL karena dalam penguasaan proyek, gambar yang presisi merupakan kunci keberhasilan suatu proyek. Pengaplikasian software ini pun mencakup bidang pertanian, seperti perancangan saluran irigasi, struktur jalan usaha tani, dll”, ujar Adhitya Wibawa, salah satu trainer dari mahasiswa SIL 48 ini yang sekarang menjabat sebagai drafter dibawah site engineering manager PT Pembangunan Perumahan (PT PP). Adhitya telah menjadi drafter semenjak perkuliahan semester tiga.

Harapannya, dengan pelatihan ini, mahasiswa SIL memiliki kemampuan dasar menggambar berbasis Computer Aided Design sehingga siap bersaing di dunia kerja nanti. Pelatihan ini dirasakan sangat bermanfaat bagi mahasiswa SIL 50 karena dapat menambah penguasaan software  bagi mereka yang baru masuk ke bidang departemen SIL. Pelatihan selanjutnya akan dilaksanakan pada jumat 20 Maret 2015.

Comments are closed.