browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

BINA DESA 1 DAN 2 “PERBAIKAN JALAN DAN PENANAMAN POHON DI DESA GUNUNG SARI, PAMIJAHAN BOGOR”

Posted by on July 3, 2015

Capture bindes 1

 

 

 

 

 

 

 

     Bina Desa adalah salah satu program kerja dari divisi Community Development, Himpunan Teknik Sipil dan Lingkungan IPB. Bina Desa memiliki tujuan, yaitu membantu antar masyarakat suatu daerah khususnya pedesaan dalam bidang pembangunan dan kesejahteraan. Bidang pembangunan ini contohnya saja seperti perbaikan jalan, perbaikan saluran irigrasi, dan lain sebagainya. Hal ini telah terwujud pada Bina Desa 1 yang diadakan pada tanggal 8 Mei 2015 bertempat di desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor yang mengambil tema tentang “Perbaikan Jalan”. Bina Desa ini diikuti oleh 11 orang perwakilan dari departemen teknik sipil dan lingkungan IPB. Diawali dengan keberangkatan pada pukul 10.30 WIB menuju gunung salak dan sampai pada tempat sekitar pukul 12.00 WIB.. Dilanjutkan dengan sholat jumat dan pada pukul  13.00 sampailah di rumah Bapak Buchori selaku lurah dari desa tersebut. Sesampainya disana berbincang-bincah terlebih dahulu, beristirahat, dan meminta izin kepada ketua RT agar dapat melakukan perbaikan jalan tersebut dan pak RT berkata bahwa desa tersebut sudah lama sekali membutuhkan bantuan dari relawan-relawan, akhirnya kami kemudian menuju lokasi pembangunan jalan setapak yang berada di dekat rumah-rumah warga dan daerah pertanian mereka.

 

capture bindes 2

 

 

 

 

 

 

 

     Tahap awal pembangunan dengan menyerahkan tiga kantong sak semen yang akan digunakan untuk memperbaiki gorong-gorong yang rusak. Permasalahan dari gorong-gorong tersebut adalah air yang tidak mengalir dan gorong-gorong yang terbuat dari kayu tersebut sudah lapuk, lalu dibongkarlah gorong-gorong tesebut dengan bantuan beberapa perwakilan SIL dan warga desa. Setelah dibongkar, disemen ulang, dan diberi kayu untuk gorong-gorong yang lebih bagus. Ditengah-tengah pembuatan gorong-gorong tersebut, bahan-bahan yang digunakan habis. Lalu dibeli lah kembali semen sebanyak tiga sak, disana juga perwakilan SIL ini membantu warga untuk mengumpulkan batu dan membawanya ke gorong-gorong tersebut. Pembuatan gorong-gorong ini selesai sekitar jam 16.30 WIB, setelah itu kembali kerumah pak RT dan sesi dokumentasi dengan gorong-gorong baru yang telah di buat. Sebelum berpamitan dengan bapak buchori, disempatkan mengobrol terlebih dahulu dengan beliau. Lalu dilanjutkan dengan perjalanan balik ke Darmaga, IPB dan sampai pada pukul 19.30 WIB. Acara Bina Desa 1 berjalan dengaik baik dan kondusif.

 

Capture bindes 3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

     Keberhasilan Bina Desa 1 membuat hati para Mahasiswa/ Mahasiswi Teknik Sipil dan Lingkungan IPB tergerak untuk bekerja sama kembali dengan Desa Gunung Sari, Pamijahan dalam membangun desa tersebut menjadi desa yang terbaik, dalam hal pembangunan ataupun yang lainnya. Sehingga ditetapkan pada tanggal 6 Juni 2015 yang lalu, Himatesil kembali  mengadakan Bina Desa 2 dengan tema “100 Pohon Cinta Lingkungan”. Pohon cinta lingkungan ini dimaksudkan sebagai penanaman 100 pohon pucuk merah sebagai bentuk kecintaan terhadap lingkungan, dan membuat desa ini menjadi desa wisata yang menarik dengan keindahan pucuk merah-nya. Pohon-pohon ini ditanam disekitar jalan menuju desa wisata Gunung sari, Pamijahan agar terlihat lebih indah dan tertata. Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa teknik sipil dan lingkungan dan para karang taruna desa Gunung Sari, dengan diresmikan oleh bapak lurah dan ketua himpunan mahasiswa teknik sipil dan lingkungan. Setelah acara penanaman pohon ini telah dilaksanakan, kami dipersilahkan untuk beristirahat sekaligus menikmati keindahan desa wisata Gunung Sari, Pamijahan tersebut. Perjalanan menghabiskan waktu sekitar 15 menit untuk sampai di desa wisata yang berjarak beberapa kilo meter dari desa Gunung Sari.  Sesampainya disana kami disuguhkan oleh makanan dan pemandangan indah dari atas desa wisata tersebut. Tak hanya itu saja, kami pun dipersilahkan untuk bersantai di air terjun yang terkenal di desa wisata tersebut. Perkiraan waktu acara Bina Desa 2 yang meleset terbayar atas keindahan air terjun didesa tersebut. Acara ini selesai pada pukul 18.00 WIB, terlaksana dengan baik dan sesuai rencana.

Capture bindes 4

 

 

 

 

 

 

 

 

COMING SOON BINA DESA 3 AUGUST 2015 …………………………………..

 

Comments are closed.