browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

PRESS RELEASE HIMATESIL BINA DESA DI DESA GUNUNG SARI KECAMATAN PAMIJAHAN

Posted by on May 12, 2016

B1ina desa merupakan suatu kegiatan yang bergerak dalam bidang pemberdayaan masyarakat serta lingkungan yang merupakan salah satu program kerja dari divisi Community Development  Himpunan Teknik Sipil dan Lingkungan IPB. Kegiatan bina desa kali ini dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 1 Mei 2016 di Desa Gunung Sari Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor dengan tema “Memperbaiki untuk Menikmati dan Menjaga untuk Mensyukuri” . Kegiatan ini dipanitiai oleh divisi Community Development HIMATESIL yang menunjuk Dzaky Syifaurahman sebagai ketua pelaksama dan  kegiatan ini diikuti oleh  30 orang mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan IPB.  Kegiatan dimulai dengan  berkumpul di Sekret HIMATESIL pada pukul 6.30 WIB dan berangkat menuju Pamijahan pada pukul 07.30 WIB menggunakan motor dan, memakan waktu 1 jam di perjalanan sehingga tiba di tempat tujuan pada pukul 08.30 WIB. Sesampainya disana kami istirahat di rumah warga dan bersiap siap menuju lokasi saluran .

Permasalahan di Desa Gunung Sari Kecamatan Pamijahan adalah kurangnya kesadaran warga mengenai sampah dan kurangnya fasilitas untuk membuang sampah sehingga para warga membuang sampah di saluran air, di pinggir saluran maupun di pinggir jalan sehingga sangat menggangu dan bahkan menyebabkan banjir saat hujan karena tersumbatnya saluran. Maka dari itu HIMATESIL membantu para warga untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB berjalan menuju lokasi yang berjarak ±300 meter dari rumah warga tadi. Kegiatan yang pertama dilakukan adalah kerja bakti untuk mengambil sampah-sampah yang terdapat di saluran dan di pinggir saluran serta memperbaiki jalan di dekat saluran. Kegiatan kerja bakti tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa SIL tetapi dibantu oleh beberapa warga disana. Sampah yang ditemukan di saluran ternyata tercampur antara sampah plastik maupun sampah dedaunan. Sampah yang sudah terkumpul kemudian di angkut menggunakan karung ke tempat penampungan sampah yang sudah layak yang terletak lumayan jauh dengan dibantu oleh seorang bapak dari warga desa tersebut. Para mahasiswa SIL menghimbau kepada warga agar tidak membuang sampah sembarangan dan menjelaskan dampaknya salah satunya adalah saluran air yang meluap dan menyebabkan banjir karena tersumbat sampah. Kegiatan bina desa ini selesai pada pukul 12.00 WIB.

23Para mahasiswa kembali ke rumah warga tadi, untuk istirahat dan sholat dzuhur. Disana mahasiswa beristirahat sekaligus makan nasi liwet yang kebetulan disana juga ada tim Pengmas dari BEM FATETA yang sedang melakukan santunan kepada anak yatim disana. Setelah istirahat selesai , mahasiswa SIL pamit untuk pulang dan kegiatan ditutup pada jam 12.30 WIB. Kegiatan Bina Desa kali ini berjalan sesuai dengan rencana.

Harapan HIMATESIL khususnya divisi Community Development  adalah kegiatan bina desa ini akan benar-benar mendatangkan manfaat baik untuk panitia maupun untuk warga di Desa Gunung Sari Kecamatan Pamijahan. Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran warga desa tersebut untuk tidak membuang sampah sembarangan dan tidak terjadi lagi hal yang tidak diinginkan seperti banjir.

Comments are closed.