browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Press Release GECIMI 2017

Posted by on March 27, 2017

Acara Gecimi (Gerakan Cinta Bumi) telah diselenggarakan tepat pada hari sabtu, 18 Maret 2017. Acara Gecimi dilakukan setiap 3 bulan sekali dalam rangka kegiatan program kerja dari Departemen Community Development (Comdev), Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan, IPB. Acara Gecimi ini diselenggarakan di SD 4 Situ Gede, Dramaga, Bogor. Diadakannya acara gecimi di SD 4 Situ Gede bertujuan untuk mengedukasi anak-anak agar lebih mencintai bumi dan menjaga bumi dari kerusakan.

Tema gecimi kali ini yaitu “Buang Sampah, Agar Bumi Jadi Indah”. Tema tersebut bertujuan untuk mengedukasi anak anak tentang jenis jenis sampah dan cara pemilahannya, serta mengajarkan anak-anak untuk membuang sampah pada tempatnya. Peserta Gecimi yaitu anak kelas 4 SD Situ Gede, yang berjumlahkan 65 siswa. Acara ini dihadiri oleh anggota Comdev, BP (Badan Pengawas), dan Ketua dan Wakil Ketua  Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil IPB sebagai pembimbing siswa. Pemateri yang diundang untuk mengisi acara kali ini yaitu kak Fatimah Azzahra Wari (SIL51) dan Kak Wiranda Intan Suri (SIL50).

Acara dimulai pukul 08.00 WIB, diawali dengan pembukaan yang dipimpin oleh MC yaitu Hapsari Nadella (SIL52) dan Claudia Siahaan (SIL51) kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tilawah oleh M. Ihsan Habib (SIL52). Sambutan-sambutan juga diberikan oleh Raidah Affifatul Haq sebagai ketua Departemen Community Development (Comdev) dan Bapak Ajat Sudrajat sebagai wali kelas 4. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pembagian kelompok dan PJ (Penanggung Jawab), Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi tentang pengertian secara umum tentang sampah, jenis-jenis sampah, dan cara memilah sampah. Selain itu siswa dibekali pemahaman tentang akibat pembuangan sampah secara sembarangan dan akibat dari membuang sampah secara sembarangan.

Setelah pemberian materi berakhir dilanjutkan dengan ice breaking yang dipimpin oleh PJ ice breaking yaitu tentang review materi dan pemberian reward berupa bintang kepada siswa yang aktif dalam bertanya dan menjawab selama acara berlangsung. Adanya game-game edukatif juga diadakan dalam acara ini setelah ice breaking selesai. Games tersebut berupa games edukatif tentang pemilahan sampah sebagai wujud realisasi dari materi yang telah diberikan. Acara Gecimi berakhir pada jam 11.30 WIB, acara ditutup oleh MC dengan penempelan reward berupa bintang pada papan reward. Semoga acara Gecimi ini dapat mengedukasi anak-anak tentang jenis sampah, cara pemilahannya serta anak-anak diharapkan dapat mengimplementasikannya di luar sekolah agar lingkungan tetap bersih dari sampah.

Comments are closed.