browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

[Ensiklopedisil] Irigasi Kendi

Posted by on October 6, 2017

Halo!
gimana kabarnya nih kawan kawan SIL?
kali ini ensiklopedisil kembali dengan info yang pastinya ga kalah dengan yang sebelumnya. kali ini, ensiklopedisil akan membahas tentang salah satu inovasi yang diciptakan oleh dosen dari Departemen SIL IPB. penasarankan? sok mangga disimak.

http://www.pikiran-rakyat.com/sites/files/public/styles/medium/public/image/2011/09/22/2109kendil.jpg?itok=vIfMGJOY

Tahukah kamu? Sistem irigasi kendi merupakan sistem irigasi yang dirancang dan dikembangkan oleh Kepala Teknik Sumber Daya Air, Teknik Sipil Lingkungan IPB yaitu Prof. Dr. Budi Indra Setiawan untuk mengantisipasi kekeringan di musim kemarau yang berkepanjangan. Sistem ini ditemukan diterapkan dengan membenamkan kendi berisi air di tanah.
Bahan baku pembuatan kendi berasal dari Lumpur Lapind. Dinding kendi yang berpori menyebabkan air yang berada di dalam kendi dapat keluar sehingga membasahi sekitarnya.
.
Aplikasi irigasi kendi di daerah yang kering dengan kondisi tanah di seputar kendi pada daerah dalam keadaan kering atau tidak jenuh, sedangkan dinding kendi yang berkontak langsung dengan tanah dalam keadaan jenuh. Perbedaan kondisi kejenuhan kedua media dan perbedaan beberpa karateristik fisiknya akan menjadi penentu kemampuan irigasi kendi untuk menyediakan air bagi tanaman dan distribusi kelembaban tanah.
.
Keunggulan irigasi kendi sebagai irigasi bawah permukaan adalah air diberikan langsung ke zona perakaran tanaman sehingga dapat mengurangi terjadinya evaporasi, perkolasi dan aliran permukaan karena sifat dinding kendi yang porous mampu mengendalikan rembesan air berdasarkan kejenuhan tanah di seputar kendi.

#PED
#ENSIKLOPEDISIL

Comments are closed.