browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

[Ensiklopedisil] Teknologi CMP

Posted by on October 6, 2017

Hello kawula SIL, kali ini Ensiklopedisil kembali lagi membahas teknologi karya pusjatan atau pusat penelitian pengembangan jalan dan jembatan yang merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan yaitu Teknologi CMP (Corrugated Mortarbusa Pusjatan).
.instagram-@ipegope-2
Teknologi CMP merupakan singkatan dari Corrugated Mortarbusa Pusjatan yang berkembang dari teknologi Corrugated Steel Arch atau CSA. Teknologi ini ditemukan dan dikembangkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Penelitian dan Pengembangan. Teknologi ini menggunakan aplikasi struktur baja bergelombang sehingga pembangunannya dapat dilaksanakan dengan cepat dan hemat biaya. Teknologi ini sangat efisien untuk melakukan pembangunan jalan dan jembatan layang.
.
Nah sekarang kita mau menjelaskan manfaat dari pembuatan jembatan layang dengan menggunakan teknologi CMP. Pembangunan teknologi CMP sama seperti proses pembangunan jembatan atau jalan pada umumnya. Hal yang membedakan adalah pengunaan bahan sebagai bahan kontruksinya yaitu mengunakan material baja bergelombang bukan beton. Hal ini yang menjadikan keunikan tersendiri dari pengunaan teknologi CMP pada aplikasi pembangunan struktur jembatan dan jalan.
.
Teknologi CMP menggunakan baja struktur berbentuk corrugated atau Armco dengan panjang bentang tengahnya adalah 22 meter dengan tinggi ruang bebas vertikal 5.1 meter dan lebar bentang lainnya (u-turn) adalah 9 meter. Keuntungan dalam pengaplikasian teknologi CMP yang menggunakan struktur baja bergelombang antara lain masa kontruksi yang lebih cepat 50 persen dari penggunaan kontruksi beton, mampu mengakomodasikan hingga delapan jalur kendaraan di bawah jembatan, mempunyai nilai estetika lebih dari pada kontruksi beton, bahan yang lebih ringan dan lebih efisien secara pembiayaan. .
Wahh keren kan aplikasi struktur CMP pada pembangunan jembatan dan jalan ini temen-temen?
Jangan lewatkan ensiklopedisil selanjutnya ya temen-temen.
Terima kasih
.
#ENSIKLOPEDISIL
#PED

Comments are closed.