browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

[Ensiklopedisil] Pondasi Cakar Ayam

Posted by on October 6, 2017

Hai hai kawula SIL dimanapun kalian berada!
EnsiklopediSIL kembali lagi dengan membawakan informasi seputar dunia teknik sipil dan lingkungan yang tidak kalah menarik dari yang sebelum sebelumnya nih. Kali ini kita akan membahas tentang konstruksi Pondasi Cakar Ayam.

Yuk, kita simak info nya.

pondasitapak


.
Konstruksi pondasi cakar ayam adalah salah satu metode rekayasa teknik dalam pembuatan pondasi bangunan. Metode ini ditemukan oleh Prof. Dr. Ir. Sedijatmo. Diciptakannya model konstruksi ini berawal dari harus dibangunnya 7 menara listrik tegangan tinggi di daerah rawa-rawa Ancol Jakarta. Oleh Ir Sedijatmo didirikan menara di atas pondasi yang terdiri dari plat beton yang didukung oleh pipa-pipa beton di bawahnya. Pipa dan plat itu melekat secara monolit (bersatu), dan tanah lembek dapat dicengkeram secara meyakinkan. Bagi daerah yang bertanah lembek, pondasi cakar ayam tidak hanya cocok untuk mendirikan gedung, tapi juga untuk jalan dan landasan. Satu keuntungan lagi, sistem drainase dan sambungan kembang susut tidak diperlukan.

Pondasi ini dapat dikatakan cara bekerjanya secara keseluruhan akan identik dengan pondasi rakit. Banyak bangunan yang telah menggunakan sistem yang diciptakan oleh Prof Sedijatmo ini. Sistem pondasi cakar ayam ini telah pula dikenal di banyak negara, bahkan telah diakui dan diberikan paten internasional di 40 negara di seluruh dunia.
WOW!
.
Gimana infonya nih kawan? Mau tau lebih banyak mengenai dunia teknik sipil dan lingkungan?
Nantikan terus ensiklopedisil selanjutnya
.
“If you scientifically literate, the world looks very different to you, and that understanding empowers you.” – Neil DeGrasse Tyson
.
#PED
#ENSIKLOPEDISIL

Comments are closed.