browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

[Ensiklopedisil] Teknik Sosrobahu

Posted by on October 6, 2017

[ENSIKLOPEDISIL]
Hay kawula SIL, kali ini Ensiklopedisil kembali lagi untuk membahas salah satu teknik karya putra bangsa dan tentunya sangat bermanfaat bagi industri konstruksi di Indonesia, yaitu teknik sosrobahu.
Jembatan teori5

Teknik sosrobahu merupakan teknik memutar bahu lengan beton pada jalan layang. Teknik ini ditemukan oleh Insyinyur Indonesia lho yaitu Ir. Tjokorda Raka Sukawati pada tanggal 27 juli 1988. Pada teknik ini, lengan bahu jalan layang yang terletak sejajar jalan dengan jalan dibawahnya dapat diputar. pemutaran ini dapat mencapai sudut hingga 90 derajat sehingga pembangunannya tidak menggangu arus lalu lintas di bawahnya. Teknik ini sangat efektif untuk daerah yang sangat macet di Indonesia.
.
Nah sekarang kita mau jelasin nih metode kerja teknik Sosrobahu ini. Pertama-tama pier head yang berdiameter 4 meter ditanam dengan lengan pier head dengan mengoperasikan pompa hidrolik hingga titik tekan 78 kg/cm². Meskipun bekisiting lengan pier head telah dilepas, pier head, akan tetap mengambang di atas atap pier shaft. Lalu dengan dorongan sedikit saja lengan beton raksasa itu akan berputar 90 derajat.
.
Saat pier shaft telah berada pada posisi sempurna, secara perlahan minyak dipompa keluar dan lengan beton merapat ke tiang dengan sendirinya. Kemudian sistem LPBH itu dimatikan sehingga perlu alat berat untuk menggesernya. Untuk menanggulangi bergesernya konstruksi, Ir. Tjokroda memancang delapan batang besi berdiameter 3,6 cm untuk memaku pier head ke pier shaft lewat lubang yang telah disiapkan.
.
Kemudian, satu demi satu alat LPBH itu diterapkan pada konstruksi beton lengan jembatan lain.
Wahh keren kan teknik sosrobahu ini? kebayangkan kalo misalnya teknik ini ga ditemukan, gimana ribetnya bikin jalan layang. Sebagai seorang engineer, teknik teknik seperti ini harus terus dikembangkan kawan, agar proses konstruksi dapat berjalan lebih cepat dan tidak mengganggu aktivitas lainnya.
.
gimana kawan?
mau tau lebih banyak tentang dunia seputar teknik sipil dan lingkungan?
jangan lewat kan ensiklopedisil selanjutnya.
.
#ENSIKLOPEDISIL
#PED

Comments are closed.